Sabtu, 16 Juli 2011

Ruang Terbuka Hijau di Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menambah ruang terbuka hijau (RTH) sebanyak 15 hektare demi memperbaiki indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH). Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta mengkritik bahwa indeks kualitas lingkungan hidup Jakarta lebih rendah dibanding daerah lain..

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, untuk menyediakan ruang terbuka hijau bagi warga Jakarta, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya menambah RTH. Saat ini, RTH di Jakarta baru mencapai 10,5 persen dari target 13,94 persen dari luas keseluruhan wilayah Jakarta.
“Ini menjadi komitmen kami untuk terus meningkatkan RTH di Jakarta, baik publik maupun privat,” kata Fauzi Bowo, Sabtu (25/6).
Bahkan di Rancangan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (Raperda RTRW) 2010-2030, telah diatur RTH 30 persen di kota Jakarta. Terdiri dari 14 persen RTH publik dan 16 persen RTH privat.
Fauzi menambahkan, upaya konkret lainnya yang dilakukan untuk mewujudkan Green City adalah dengan menekan polusi udara. Pemprov DKI rutin melaksanakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di beberapa kawasan seperti Sudirman-Thamrin serta kawasan Kota Tua, dan beberapa wilayah lainnya. Serta mengeluarkan peraturan gubernur (Pergub) Nomor 88 tahun 2010 yang merupakan revisi dari Pergub Nomor 75 tahun 2005 tentang Kawasan Dilarang Merokok. Dalam pergub baru itu, diatur ruang khusus merokok di dalam gedung yang telah ditiadakan sehingga perokok harus melakukan aktivitasnya di luar gedung.

Sedangkan, untuk mengurangi dampak perubahan iklim, Pemprov DKI juga menerapkan green building pada gedung-gedung bertingkat, baik gedung pemerintah maupun swasta. Karena dengan green building, gedung akan lebih hemat energi, ramah lingkungan, dan lebih ekonomis.
“Salah satu gedung pemerintah, yang memulai penerapan green building adalah gedung Blok G Balaikota DKI Jakarta. Selain itu, gedung DPRD DKI Jakarta juga sudah menerapkan konsep green building. Kita juga sedang membangun sekolah yang berkonsep green school building,” tandasnya.

1 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus